Laman


Selasa, 14 Februari 2012

MANFAAT MENGKONSUMSI KOPI


Kopi

Kini, kopi telah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Orang-orang yang duduk-duduk, mengobrol sambil minum kopi, entah sekedar mengobrol santai atau berbicara masalah bisnis dapat kita temukan dimana-mana. Starbuck, J.Co, & Coffe Toffe yang tersebar di berbagai tempat menjadi bukti nyata mewabahnya kopi. Bahkan KFC yang awal mulanya merupakan tempat makan ayam, mulai merambah bisnis kafe & kopi dengan mendirikan KFC Coffe. Tidak hanya di kota-kota besar, di kota-kota kecil pun banyak tersedia tempat-tempat untuk menikmati kopi namun dengan wajah yang berbeda. Bukan duduk di kursi empuk dengan kemewahan suasana kafe, tetapi lesehan di selembar tikar/terpal yang digelar di trotoar jalan atau di bangku kayu panjang sebuah warung.
Jenis kopi yang ditawarkan pun semakin beragam, mulai dari kopi pekat seperti kopi tubruk hingga kopi beraneka rasa seperti moccacino, cappuccino, vanilla latte, frappuchino, dll. Penyajiannya pun juga beragam, tidak lagi dalam bentuk secangkir kopi panas, tetapi juga segelas kopi dingin yang sudah diberi berbagai tambahan seperti ice cream, saus caramel, dsb. Kopi instan pun bisa disulap menjadi kopi mewah dengan harga mahal. Saya sendiri juga sangat menyukai kopi. Hampir setiap hari saya minum kopi. Lama-lama timbul pertanyaan dalam benak saya? Apakah sehat untuk mengkonsumsi kopi setiap hari?
Kopi itu unik, terdiri dari 2000 senyawa dan mengandung kafein dan antioksidan. Secangkir kopi tubruk dapat mengandung hingga 250 mg kafein, sedangkan espresso one shot mengandung 50-100 mg kafein. Kafein sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:
1. Stimulan agar tetap prima
2. Bermanfaat bagi intelegensi dan kapasitas daya ingat
3. Memperbaiki emosi dan melepas kebosanan
4. Meningkatkan kinerja dan ketahanan fisik
5. Membantu menurunkan berat badan karena mengurangi nafsu makan dan mempercepat pembakaran lemak
6. Mencegah penuaan
7. Meredakan migrain dan asma
8. Mencegah penyaklit batu empedu
9. Mencegah penyakit Parkinson
(Manfaat kopi dimabil dari buku The Miracle of Caffeine, karya Weinberg, B.A. dan Bealer B.K.)
Jumlah kopi yang aman dikonsumsi berbeda-beda bagi setiap orang. Jika kamu meminum kopi, rasakan apakah badan kamu terasa enak setelah minum kopi. Jika tidak, berarti kopi yang kamu konsumsi terlalu banyak. So, jangan ragu untuk meminum kopi, asal dalam jumlah yang wajar.

Tidak ada komentar: