E-Commerce, e-banking, e-government, e-Learning.
Istilah e-commerce mengacu pada kegiatan komersial di internet.
Contoh paling umum dari kegiatan e-commerce adalah aktifitas transaksi
perdagangan melalui sarana internet. Dengan memanfaatkan e-commerce,
para penjual (merchant) dapat menjajakan produknya secara lintas negara
karena memang sifat internet sendiri yang tidak mengenal batasan
geografis. Transaksi dapat berlangsung secara real time dari sudut mana
saja di dunia asalkan terhubung dalam jaringan internet.
E-banking atau electronic Banking, bisa diartikan sebagai
aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah
bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui
sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM,
lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas
pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran
tagihan – tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui
rekening banknya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan
memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga
yang dapat dihemat karena transaksi e-banking bebas antrian dan dapat
dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.
Istilah e-governmet bukanlah sistem pemerintahan yang sepenuhnya
berbasis internet. E-government, khususnya di Indonesia, masih diartikan
secara sempit sebagai sebuah sistem di internet (entah web, alamat
email kontak, atau milis) yang mengeksploitir potensi di suatu daerah
dengan maksud mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan
keuntungan bagi daerah bersangkutan, entah itu sebagai investor atau
turis.
Istilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk
penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah
maya. Definisi e-Learning sendiri sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah
portal informasi tentang suatu topik juga dapat tercakup dalam
e-Learning ini. Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai
usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar-mengajar di
sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar