Laman


Selasa, 14 Februari 2012

MANFAAT BERKARAOKE DAN BERNYANYI BAGI KESEHATAN





Bersenang-senang lewat menyanyi dengan teman-teman bisa mengurangi risiko penyakit jantung, strok dan stress. 
“Berkaraoke bersama teman-teman bisa membuat seseorang sehat dan bahagia,“ kata Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine di Jepang. Profesor Tanigawa juga merekomendasikan untuk mendatangi karaoke bagi para pekerja yang sering mengalami stress atau bagi pekerja yang bekerja di dunia kerja yang penuh tekanan dan tuntutan. Hal ini disebabkan karena saat seseorang bernyanyi, mereka cenderung menarik nafas dalam dan perlahan, yang sangat baik untuk kondisi system syaraf.

Berikut ini 9 efek positif yang bisa Anda dapatkan dari berkaraoke dengan teman-teman, berdasarkan penelitian Profesor Tanigawa:

1. Menjadikan Pernafasan Lebih Baik. Saat bernyanyi Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernafas dengan lebih santai. Otot diafragma akan melengkung ke bawah, paru-paru mengembang lebih lengkap. Otot perut yang lebih santai memungkinkan tubuh bernafas lebih aktif dan sehat.
2. Mengoksidasi Darah. Ketika Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernafas, volume oksigen yang mengaliri seluruh tubuh akan makin besar. Sel-sel tubuh yang dialiri oksigen berfungsi lebih baik dan menciptakan energi baru bagi pemiliknya.
3. Merangsang Aktivitas Otak. Bernyanyi memerlukan pemikiran. Saat bernyanyi, Anda perlu mengikuti lirik, melodi dan irama, serta kata-kata yang menghubungkannya dengan emosi. Saat bernyanyi udara akan banyak mengalir ke otak pada bagian neuron yang mengintegrasikan aktivitas fisik, emosional dan psikologis untuk merasa gembira.
4. Melepaskan Hormon Bahagia. Hormon endorphine yang dikeluarkan saat bernyanyi bermanfaat menciptakan rasa senang dan

kebahagiaan dengan memicu saraf dan fisik. Nyanyian Anda dan teman-teman, meski tidak terdengar sesempurna penyanyi profesioanl, selain bisa menghibur orang lain juga menciptakan rasa senang.
5. Mengurangi Stres. Ketika Anda merasa senang, tingkat stress Anda otomatis menurun. Endorfin membantu mengurangi stress dan gelisah. Saat menyanyikan sebuah lagu dengan perasaan mendalam tubuh bernafas lebih dalam dan memperlambat denyut jantung serta mengurangi kecemasan berlebihan. Saat stress, buang kepenatan dengan menyanyikan lagu-lagu kesukaan dan bergembiralah.
6. Membangun Kepercayaan Diri. Jika berbicara di depan umum masih merupakan ketakutan utama Anda, maka mulailah dengan bernyanyi di karaoke dengan sahabat dan orang terdekat. Bernyanyi mampu membangun rasa percaya diri karean Anda menjadi orang yang sangat terbuka. Bila Anda telah berani berbagi suara dan musik, akan lebih mudah mengatasi ketakutan dan grogi.
7. Meningkatkan Memori. Bernyanyi membuat Anda sedikitnya harus membaca lirik dan mengikuti nasa. Cara ini bagus untuk merangsang wilayah otak yang terlibat dengan memori, belajar dan konsentrasi.
8. Meningkatkan Kreativitas. Saat membangun rasa percaya diri dan merangsang jiwa seni dengan bernyanyi, tanpa Anda sadari secara bersamaan Anda juga telah menumbuhkan jiwa kreatif. Anda akan keluar dari kotak dan menjadi seorang pribadi yang produktif dan inovatif.
9. Menciptakan Suara Yang Bertenaga. Profesi pembicara, presenter, guru, pendeta atau dalam bisnis terkait penjualan, akan mendapatkan keuntungan dari belajar menyanyi. Suara merupakan instrument penting. Dan bernyanyi memberi Anda keahlian berbicara dengan suara bertenaga, kuat dan percaya diri yang terpancar dari suara Anda. Semua manfaat itu bisa dirasakan dari frekuensi menyanyi yang rutin.

 Sumber : http://tipsberonline.blogspot.com/2011/06/9-manfaat-karaoke-bagi-kesehatan.html

2.MANFAAT BERNYANYI BAGI KESEHATAN

Siapa yang tidak pernah benyanyi….? Saya rasa hampir semua orang pernah menyanyi, dan suka menyanyi meskipun hanya di rumah, di kamar mandi atau di kamar masing-masing. Pernahkah kita merasa bahwa ketika bernyanyi serasa hilang semua pikiran dan segala permasalahan yang ada di otak kita, walaupun hanya sementara.
Pemimpin International Music Education Research Centre di University of London Profesor Graham Welch yang telah menghabiskan lebih dari 30 tahun untuk mempelajari efek bernyanyi dan mengatakan bahwa saat bernyanyi tubuh saling terintegrasi, baik dengan pikiran, sistem saraf, endokrin dan kekebalan tubuh. "Fisik, mental dan emosional, ketiganya saling terjamin," ungkapnya.
Bagi orang yang hobi berkaraoke, pasti merasakan manfaat bahwa menyanyi menyenangkan, mendatangkan energi positif dan menghilangkan ketegangan. Berkaraoke ternyata adalah salah satu resep paling murah untuk menjaga kesehatan.
Ubah kehidupanmu menjadi lebih damai dan bahagia dengan manfaat-manfaat bernyanyi:
1.MengurangiStres
Ketika anda merasa senang, tingkat stres menurun. Saat stres, buanglah kepenatan dengan menyanyikan lagu-lagu kesukaan dan bergembiralah.
2.MerangsangOtak
Bernyanyi membutuhkan pemikiran. Saat bernyanyi, Anda perlu mengikuti lirik, melodi dan irama, serta kata-kata yang menghubungkannya dengan emosi.
3.MeningkatkanMemori
Bernyanyi membuat Anda sedikitnya harus membaca atau menghafal saat mempelajari melodi baru, lirik dan musik kompleks. Cara ini bagusmerangsang wilayah otak yang terlibat dengan memori, belajar dan konsentrasi.
4.Menjadikan Pernapasan Lebih Baik
Saat bernyanyi Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas dengan lebih santai. Otot diafgragma akan melengkung ke bawah, paru-paru mengembang lebih lengkap. Otot perut yang lebih santai memungkinkan tubuh bernaps lebih aktif dan sehat.
5.MembangunMentalPercayaDiri
Bernyanyi membangun rasa percaya diri karena Anda menjadi orang yang sangat terbuka. Bila Anda telah berani berbagi suara dan musik, Anda akan lebih mudah mengatasi ketakutan Anda.Mulailah dengan bernyanyi di karaoke dengan sahabat dan orang terdekat.
6.MengoksidasiDarah
Ketika Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernapas, volume oksigen yang mengaliri seluruh tubuh akan makin besar. Sel-sel tubuh yang dialiri oksigen berfungsi lebih baik dan menciptakan energi baru bagi pemiliknya.
7.MelepaskanHormon Bahagia
Hormon endorfin yang dikeluarkan saat bernyanyi bermanfaat menciptakan rasa senang dan kebahagiaan dengan memicu saraf dan fisik. Suara indahAnda tidak hanya akan menghibur orang lain tetapi menciptakan rasa damai dan kebahagiaan.
8.MenumbuhkanKreativitas
Saat Anda membangun rasa percaya diri dan merangsang jiwa seni dengan bernyanyi secara bersamaan Anda juga menumbuhkan jiwa kreatif Anda. Anda akan keluar dari kotak dan menjadi seorang produktif dan inovatif.
9.Membuat Anda Merasa Fantastis
Bernyanyi menjadikan Anda memiliki rasa percaya diri, memegang kendali, lebih hidup secara fisik dan kreatif. Sehingga secara mental, fisik dan emosional Anda akan merasa sangat senang dan fantastis.
Pantas saja kalau dalam dekade terakhir ini banyak bermunculan pengusaha-pengusaha karaoke, selain menawarkan manfaat beryanyi yang begitu banyak. Para pengusaha juga menyuguhkan gadis-gadis sexy yang memang bertugas untuk menemani dan menekan tingkat stress di sela-sela kesibukan Anda, tentunya dengan bernyanyi….,Heeee…heeee
Tetapi yang pasti jangan sampai kita menyanyi sampai menggangu orang lain saja, seperti orang yang sedang istirahat tetapi kita menyanyi keras-keras atau kita menyanyi di depan banyak orang tetapi suara kita tidak mendukung..heeee….hehe

Sumber : http://id.shvoong.com/lifestyle/sports-and-recreation/2196244-manfaat-bernyanyi/



2 komentar:

Mas Hery mengatakan...

jadi, sukanya karaokenya dmana?

Lala Nurkomala mengatakan...

Yg psti di tmpat karaoke hhahhaha..
di mn aj si yg pnting HASEEKKKK ^^..